Popular Posts

LATIHAN

LATIHAN PRA TUGAS SIAGA TEPUR LAUT XIII/13 KOARMABAR BERAKHIR

Jakarta 28 Maret 2013.....Latihan Pra Tugas (Latpratugas) Siaga Tempur Laut (Purla) XIII/13. Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dinyatakan berakhir setelah ditutup secara simbolis Panglima Koarmabar (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Arief Rudianto, S.E., di Gedung Naggala Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

Pangarmabar Laksda TNI Arief Rudianto, S.E., dalam amanatnya yang dibacakan Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) R. Archmad Rivai, S.E., M.M., mengatakan, melalui latihan ini Koarmabar bertekad mampu meningkatkan kontribusi pengabdian dalam menjaga stabilitas keamanan nasional, khususnya di wilayah perairan laut Indonesia kawasan barat, sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas, kemampuan dan profesionalisme prajurit, serta menjalin kerja sama antar unsur-unsur Koarmabar dalam tugas operasi tempur laut dengan memproyeksikan gelar unsur-unsur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara, Pasukan Marinir dan didukung sepenuhnya oleh pangkalan-pangkalan TNI AL.

Lebih lanjut dikatakan Pangarmabar, Latpratugas yang dilaksanakan di perairan Laut Jawa tersebut telah meningkatkan pemahaman dan keterampilan para peserta latihan dalam melaksanakan tugas pengamanan wilayah perairan Koarmabar dengan standar prosedur operasi serta pemahaman yang semakin baik dalam mengaplikasikan protap Henrikan, UNCLOS 82, Aturan Pelibatan, HAM dan Hukum Humaniter dalam penyelenggaraan operasi.

Selanjutnya Pangarmabar mengatakan Latpratugas yang berlangsung sejak tanggal 18 sampai 28 Maret 2013 tersebut telah dapat membentuk kerja sama yang semakin baik antar unsur-unsur SSAT dalam pelaksanaan operasi baik dalam penegakkan kedaulatan hukum di laut maupun taktik dan teknik pertempuran laut.

Upacara penutupan Latpratuagas Koarmabar tersebut dihadiri segenap Pejabat Teras Koarmabar diantaranya Irarmabar, Asintel Pangarmabar, Aspers Pangarmabar, Kepala Dinas yang berada di Mako Koarmabar dan Komandan Kolatarmabar serta para Komandan Satuan yang berada di jajaran Koarmabar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...