Popular Posts

Lantamal Pontianak Jadi Pangkalan Utama

Lantamal Pontianak Jadi Pangkalan Utama

Pontianak – Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Pontianak diwajibkan menjaga laut Kalbar dan wilayah perbatasan. Apalagi statusnya akan ditingkatkan menjadi pangkalan utama. Tugas utama pasukan AL melakukan patroli di wilayah kerjanya dan ikut meminimalisasi aksi penyeludupan yang dilakukan melalui jalur laut.

“Pasukan Lanal mesti rajin melakukan operasi di wilayah perairan, khususnya kawasan utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Apalagi laut Kalbar dekat dengan Laut Cina Selatan dan perairan Natuna yang rawan terjadi penyeludupan dan pencurian ikan maupun terumbu karang,” ungkap Komandan Lantamal Laksamana Pertama TNI Agus Heryana usai memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danlanal Pontianak dari Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah kepada Kolonel Laut (P) Dwika Djahja Setiawan, Sabtu(9/3) pagi.

Dikatakan Agus, sudah ada instruksi pimpinan, mengatakan pangkalan AL Pontianak akan ditingkatkan menjadi pangkalan utama tipe A atau disebut pangkalan utama. Pangkalan utama dapat dikatakan layak, apabila mempunyai fungsi dan dukungan fasilitas pangkalan bahan bakar, perbaikan, dan juga idealnya dermaga yang bisa disandari kapal-kapal besar.

“Karena fungsi pendukung memadai, ke depannya sudah pasti menjadi pangkalan utama. Dengan begitu, tentunya akan bertambah unsur operasi di sini, khususnya penambahan pasukan,” katanya.

Untuk proses pembinaan pasukan, Agus mengaku sudah mengumpulkan semua anggota Lanal dan memberikan arahan, menjaga kerukunan dan kebersamaan menjadi kewajiban utama.

Danlanal Pontianak Kolonel Laut (P) Dwika Djahja Setiawan mengaku amanah yang diembannya merupakan tugas berat dan harus dipertanggungjawabkan. Khususnya mengamankan wilayah maritim yang menjadi kewenangan Lanal Pontianak.

“Saya harus memberikan semangat baru, terutama bagi pasukan TNI AL. Dengan semangat satu persatuan, saya akan melaksanakan upaya bagaimana membangun semangat kebersamaan dan menggerakkan kemampuan untuk bekerja sama dengan instansi TNI, sipil maupun Polri,” kata Dwika.

Mantan Danlanal Pontianak Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah mengatakan dalam rangka peningkatan pangkalan Lanal Pontianak menuju Lantamal, menjadi tugas pejabat baru. Harus direalisasikan sehingga banyak hal yang mesti dikomunikasikan, khususnya kepada aparat terkait.

“Selama bertugas di Pontianak, kita selalu melakukan pengamanan di perairan Kalbar dengan melakukan patroli. Tidak ada hal yang sangat membahayakan, kalaupun adanya pelanggaran, sifatnya hanya administratif,” ungkapnya.

Pembentukan Lantamal tetap pada perencanaan yang telah disusun. Lahan di sebelah markas TNI AL diupayakan untuk dibebaskan untuk menambah fasilitas Lantamal. “Kita akan melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk membangun asrama prajurit dan kantor-kantor AL,” ujar Arsyad.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...