Popular Posts

DISKES KOARMATIM LATIHAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN

DISKES KOARMATIM LATIHAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN


Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmatim menggelar latihan Pemadam Kebakaran (PMK), bertempat di Lapangan Apel Diskes Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jumat (8/3/2013). Latihan tersebut dihadiri oleh Kadiskes Koarmatim Kolonel Laut (K) drg. Indra Primadya, M.A.P., diikuti peserta dari Diskes dan Satuan Siaga (Satsiaga) Denmako Armatim.

Dalam latihan PMK tersebut Diskes Koarmatim menghadirkan tenaga ahli bidang pemadaman kebakaran dari CV. Vinkus Bhuana, Gedangan Sidoarjo. Kegiatan diawali denga paparan tentang teori pemadaman kebakaran yang disampaikan oleh Direktut Utama CV. Vinkus Bhuana I Wayan Kusuma Wardhana.

Materi yang dipaparkan diantaranya adalah pengetahuan tentang berbagai jenis Alat Pemadam Kebakaran (Apar), cara penggunaan dan perawatannya, cara pemadaman kebakaran dengan Apar yang ada secara efektif serta evakuasi dan penyelamatan personel pada saat terjadi kebakaran.

Selanjutnya peserta melaksanakan praktek pemadaman kebakaran, disimulasikan terjadi kebakaran akibat ledakan kompor yang membakar benda tersebut. Tim pemadam berusaha menjinakkan api menggunakan karung goni basah untuk menutupi sumber api. Eskalasi kebakaran tergolong kecil, api dapat dipadamkan dengan Apar sederhana tersebut.

Simulasi berikutnya terjadi kebakaran besar yang melalap tabung tangki bahan bakar minyak. Lidah api menjalar kemana-mana, tim pemadam berusaha menjinakkan api dengan Apar tabung powder sembilan kilo. Upaya pemadaman pertama gagal, bahkan salah seorang tim pemadan digaris depan menjadi korban akibat terlalu banyak menghirup asap dan kekuranagan oksigen. Korban mengalami lemas dan dievakuasi menggunakan ambulan medis.

Upaya menjinkkan api terus dilakukan dengan menambah jumlah Apar yang ada. Setelah datangnya bantuan peralatan dan personel kurang lebih lima menit upaya pemadam mulai berhasil. Api padam, namun asap masih mengepul. Tim pemadam terus berupaya melakukan pendinginan dilokasi kebakaran, agar nyala api tidak menyala lagi dan lokasi betul-betul aman.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan prajurit Diskes Koarmatim di bidang pemadaman kebakaran, guna mendukung tugas-tugas penyelamatan dan evakuasi personel dari bahaya kebakaran. Selain itu juga sebagai sarana menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahaya yang ditumbulkan akaibat kebakaran dan cara untuk menanganinya dengan benar dan aman.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...