Popular Posts

AWALI TUGAS, KOMANDAN PASMAR-1 PIMPIN APEL KHUSUS

AWALI TUGAS, KOMANDAN PASMAR-1 PIMPIN APEL KHUSUS

Rabu, 13 Februari 2013 14:00
Mengawali tugasnya sebagai Komandan Pasmar-1, Kolonel Marinir Siswoyo Hari Santoso memimpin apel khusus prajurit Pasmar-1 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Rabu, (13/2).

Apel khusus yang dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Dedi Suhendar, Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Wurjanto, Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Kolonel Marinir Nurry A. Jatmika, Komandan Resimen Artileri-1 Marinir Kolonel Marinir Markos, Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir Kolonel Marinir Sarjito, para Asisten Pasmar-1 ini, juga dihadiri seluruh Komandan Batalyon di jajaran Pasmar-1.

Di depan ribuan prajurit Pasmar-1, orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 itu mengatakan, sebagaimana pejabat yang mengemban amanah, di awal masa jabatan perlu memberikan suatu pedoman kepada seluruh prajurit agar dalam perjalanan tugas pengabdiannya, para personil Pasmar-1 tidak ragu-ragu lagi, karena hal ini berkaitan dengan pembinaan personil maupun material yang menjadi tanggung jawab kita.

Lebih lanjut, Komandan Pasmar-1 mengatakan bahwa Korps Marinir mempunyai visi mewujudkan prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat yang berakhlak, bermoral, professional dan dicintai rakyat, selain itu Korps Marinir juga mempunyai beberapa misi, yang tentunya sebagai prajurit Pasmar-1 harus bisa mewujudkan visi dan misi tersebut melalui penjabaran yang dimuat secara khusus dalam tugas pokok Pasmar-1.

Sebagai Kolaktama Korps Marinir, Pasmar-1 mempunyai tugas pokok membina kekuatan dan kemampuan serta kesiapsiagaan operasionalnya sebagai pasukan pendarat TNI AL dalam rangka proyeksi kekuatan ke darat lewat laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta operasi tempur lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI.

Dalam Kesempatan tersebut Komandan Pasmar-1 menyampaikan bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi Korps Marinir akan meyiapkan Latihan Gabungan TNI tahun 2013 yang rencananya akan dilaksanakan di Banongan dan Karangtekok dan akan ditinjau oleh Presiden RI, sehingga segenap prajurit Pasmar-1 dituntut agar mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari proses perencanaan operasi Amfibi, menguasai taktik dan teknis operasi Amfibi mulai dari satuan terkecil sampai dengan Brigrat untuk semua kesenjataan.

“Selaku Komandan Pasmar-1, saya mengharapkan kepada para Komandan Pelaksana agar segera mempersiapkan material sesuai bidangnya yaitu mulai dari sarana angkut berupa Tank Amfibi, Ranratfib, Kapa, maupun perahu karet, begitu juga dengan senjata bantuan mulai dari Roket RM 70 Grad, BVP-2, Howitzer 105 mm, Mortir dan senjata bantuan kompi, kemudian untuk Taifib agar menyiapkan sarana terjun beserta alat keselamatan termasuk swemvest dan spare air di ranpur,” tegasnya.

Sedangkan kepada Komandan Satuan, agar selalu melaksanakan pembinaan satuan melalui pembinaan fisik dan mental secara rutin sehingga kesiapan satuan selalu terjaga dalam menghadapi dinamika penugasan. Selain itu, juga melaksanakan pembinaan spiritual menurut keyakinan masing-masing untuk mencetak prajurit yang ikhlas dan tulus dalam melaksanakan tugas sebagai ladang ibadah dan beramal soleh, serta menciptakan pembinaan satuan secara kekeluargaan dengan menghindari tindakan kekerasan.

Sebelum mengakhiri arahannya, Komandan Pasmar-1 memberikan beberapa penekanan agar dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas, yaitu selalu meningkatkan iman dan taqwa terhadan Allah S.W.T, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, selain itu juga selalu meningkatkan wawasan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, memelihara dan meningkatkan komunikasi antara atasan dan bawahan, yang tidak kalah pentingnya yaitu agar selalu membina dan memantapkan soliditas dan solidaritas satuan, serta menghindari perselisihan antar TNI/Polri.

Selesai memimpin apel khusus dengan prajurit Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 memberikan arahan kepada seluruh perwira di jajaran Pasmar-1 di ruang rekreasi Batalyon Arhanud-1 Marinir.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...