Popular Posts

PRESIDEN RI SAMBUT KEDATANGAN SATGAS MERAH PUTIH


Presiden SBY foto bersama Panglima TNI, Dankormar beserta prajurit Denjaka yang terlibat Satgas

Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyambut kedatangan Satuan tugas Merah Putih yang telah melaksanakan misi penyelamatan Kapal MV Sinar Kudus di Perairan Somalia di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (22/5/2011)

Satgas Merah Putih merupakan pemberangkatan eselon ketiga menyusul 2 eselon yang terlebih dahulu diberangkatkan. Dengan mengemban tugas khusus dalam penyelesaian sasaran yaitu “rebut dan duduki pantai Ceel Danan serta melaksanakan Hot Pursuit” di bawah pimpinan langsung Mayjen TNI (Mar) Alfan Baharudin yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, secara keseluruhan prajurit TNI yang dikerahkan 927 orang personel dengan 3 kapal perang yaitu KRI Yos Sudarso-353, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355 dan KRI Banjarmasin-592 serta dua helikopter TNI AL.

Upacara penyambutan diawali dengan atraksi singkat dari pasukan TNI yang melakukan pembebasan KM Sinar Kudus berupa kehadiran dua Sea Riders dilanjutkan dengan LCVP kendaraan air untuk mengangkut personel yang mendukung operasi pembebasan serta disusul kedatangan KRI Yos Soedarso, KRI Abdul Hakim Perdanakusumah dan KRI Banjarrmasin yang melakukan penghormatan lambung kiri kepada Presiden dari atas kapal.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebelum Satgas diberangkatkan, Presiden memberikan tiga tugas pokok yang harus dilakukan oleh Satgas yang terdiri dari personel Denjaka TNI AL, Satpaska TNI AL, Taifib Marinir, Kopassus TNI AD, Tontaipur Kostrad dan Penerbang TNI AU, yaitu pertama menyelamatkan 20 WNI yang disandera, kedua : membebaskan KM Sinar Kudus, dan ketiga : melaksanakan operasi militer dan pengejaran hingga batas pantai Somalia. “Dalam berbagai operasi yang dilakukan oleh negara-negara lain, banyak warga mereka yang tidak selamat. Karena itu saya bangga atas keberhasilan Satgas ini,” ungkapnya.

Dalam penyambutan itu, Presiden didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisuta, Kepala Staf Angakatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat, Kapolri Jendral Polisi Timur, Gubernur DKI Fauzi Bowo dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta keluarga prajurit yang bertugas, termasuk juga para ABK KM Sinar Kudus.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...